Apa Saja Cara Menghilangkan Sakit Leher

Sumber: halodoc.com 

Sakit leher merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi dalam keseharian. Meski kadang tidak dalam kondisi yang parah, sakit leher dapat menganggu aktivitas. Kamu tentunya ingin menghilangkan sakit leher agar aktivitas tidak terganggu kan? Apa saja sih cara menghilangkan sakit leher? Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kamu terkena sakit leher. Apa saja penyebabnya? Menurut doktersehat.com ada beberapa hal yang menyebabkan sakit leher terjadi seperti saraf terjepit yang sering dialami oleh orang tua. Penyebab yang utamanya adalah mendapatkan cedera serius seperti kecelakaan atau terjatuh, tidur dengan kodisi postur yang tidak nyaman, melakukan kegiatan sehari-hari dengan postur tidak nyaman dalam jangka waktu yang panjang. Ada banyak penyebab lainnya seperti posisi tidur yang salah, bekerja di depan komputer atau laptop terlalu lama, otot yang terkilir, dan postur leher yang salah.

Bagaimana cara menghilangkan sakit leher? Kamu dapat mengobati sakit leher sebagai cara menghilangkan sakit leher. Pengobatan mudah dapat kamu lakukan di rumah ketika sedang sakit leher seperti:

  1. Kompres dengan air hangat

Gunakanlah botol berisi air hangat atau alat kompres lainnya untuk meredakan kram otot dan rasa sakit pada bagian leher. Selain air hangat, kamu dapat mengompres dengan air dingin.

  1. Lakukan latihan otot leher ringan

Cobalah untuk melakukan latihan otot leher ringan dengan cara menggerakkan secara perlahan. Lakukan gerakan melingkar agar otot yang sakit dapat direnggangkan. Kemudian variasikan dengan gerakan ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan. Sedikit demi sedikit rentang gerak otot leher akan semakin membaik. 

  1. Berendam menggunakan larutan garam mandi

Larutan garam mandi dapat membantu melemaskan otot yang kaki, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi stres. Berendam juga akan menenangkan pikiran. Dengan berendam selama sekitar tiga puluh menit dalam larutan garam, sakit leher akan berangsur hilang dan stres juga akan hilang. 

  1. Pijat

Ini dapat membantu meringankan otot leher belakang yang tegang. Pijat juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit, walau hanya dalam jangka pendek. Kamu dapat mengoleskan balsem ketika memijat. Balsem dapat digunakan untuk meringankan pegal-pegal dan nyeri otot termasuk sakit leher. Jika tidak suka aroma balsem, kamu dapat menggunakan minyak esensial dengan berbagai aroma seperti lavender, serai, tea tree untuk memijat. 

  1. Perbaiki  posisi tidur

Salahnya posisi tidur merupakan penyebab dari sakit leher. Dengan memperbaiki posisi tidur dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta pertahankan posisi tidur agar kepala tidak terlalu terangkat tinggi dapat menghindari leher dari rasa sakit.

  1. Terapi air

Selain berendam, sakit leher dapat diredakan dengan melakukan terapi air. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan pancuran air dan arahkan air hangat ke bagian belakang selama tiga sampai empat menit. Setelah itu ganti menggunakan air dingin selama sekitar satu menit. Kamu dapat melakukannya dengan mengulangi beberapa kali. 

  1. Hindari aktivitas yang membutuhkan banyak gerak leher

Ketika mengalami sakit leher, kamu dapat menghindari aktivitas yang membutuhkan banyak gerak leher. Terutama jika gejala sakit leher yang kamu alami membuat sulit menggerakkan leher.  

Dengan melakukan hal-hal tersebut sebagai cara menghilangkan sakit leher, kamu dapat beraktivitas dengan normal. Tidak perlu lagi terganggu dengan penyakit leher yang sering kamu derita. Kamu juga dapat mengantisipasi dengan cara melakukan postur tubuh yang benar agar leher tidak sakit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>